PADANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Padang diminta meningkatkan kesiapsiagaan. Hal ini terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2018 ini.

Penjabat Sementara (Pjs.) Walikota Padang Drs. Alwis menekankan kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas perlu ditingkatkan untuk mengawal Pilkada agar berjalan aman dan lancar. Pasalnya, potensi gangguan ketertiban dan keamanan meningkat pada masa-masa menjelang pilkada sehingga riskan terjadi konflik horizontal.

"Satpol PP dan Linmas harus meningkatkan kesiapsiagaan karena potensi gangguan ketertiban dan keamanan umum  bisa jadi meningkat dalam masa pelaksanaan pilkada," kata Alwis saat memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 di Tan Malaka, Kamis (15/3/2018).

Menurut Pjs. Wako Padang, pada peringatan HUT Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56, institusi ini telah menunjukkan peran dalam menjaga ketertiban umum. Peran itu menjadi istimewa memasuki perhelatan demokrasi, dimana tahun 2018 ini dilaksanakan pilkada serentak pada 171  daerah di Indonesia. Maka dalam kesempatan ini, sesuai dengan tema " Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018" membantu menjaga ketenteraman dan ketertiban umum untuk kelancaran penyelenggaraan pilkada.

"Selain menjalankan tugas pokok, Pol PP dan Linmas berperan pula mengawal pelaksanaan Pilkada tahun ini," ujar Alwis.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Kasat Pol PP Kota Padang Yadrison mengatakan,sebanyak 500 lebih personil Satpol PP/Linmas siap diterjunkan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum dalam rangka pelaksanaan pilkada. Sedangkan faktor yang harus diperhatikan adalah integrasi, koordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian, TNI dan KPU. Faktor lain adalah nengembangkan komunikasi dengan tokoh masyarakat, pemuka agama dan adat.

"Sebanyak 500 lebih personil Pol PP siap terjun dalam mengawal pelaksanaan pilkada dengan memoerhatikan faktor koordinasi dan komunikasi serta integrasi dengan pihak terkait lainnya," tukas Yadrison.

HUT Pol PP yang sebenarnya jatuh pada 3 Maret, namun upacara peringatan di tingkat Kota Padang dilaksanakan hari ini. Hadir dalam upacara ini Sekretaris Daerah Kota Padang. Kapolresta Padang, Dirbinmas Polda Sumbar dan Kejari serta para mantan Kasatpol PP Kota Padang.

Dalam rangkaian HUT ini ditampilkan atraksi-atraksi beladiri dan kemahiran personil Pol PP Linmas. Juga dilakukan pemotongan nasi tumpeng sebagai simbolis peringatan HUT pasukan penegak perda tersebut.
 
Top