PADANG - Akhirnya perebutan posisi ketua Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar berakhir dengan terpilihnya Johnnedy Setiawan atau Johnnedy Kambang. 

Johnnedy mengalahkan  tiga nama pesaingnya yang bertarung memimpin Pengda IJTI Sumbar periode 2018-2021. Ketiga pesaing Johnnedy yaitu Bonar Harahap (6), Noval (5) dan Yudi (2). Acara berlangsung di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang, Sabtu (28/4).


Sebelumnya ada tiga nama mencuat itu masing-masing Dasrul dari Padang Tv, Yudi (kontributor TV One di Padang), dan Ketua demisioner Pengda IJTI Sumbar John Nedy Kambang. 

Ketiga nama yang disebutkan di atas sama-sama punya peluang menang menjadi ketua Pengda IJTI Sumbar pada musyawarah daerah (musda). 

Munculnya nama-nama calon ketua IJTI Sumbar itu dibenarkan Ketua Panitia musda IJTI Sumbar, Andri Sayuti kepada rekan-rekan wartawan kemarin. ”Memang benar, IJTI Sumbar akan mengadakan musda pada Sabtu (28/4) nanti di salah satu hotel di Padang,” sebut Andri waktu itu. 

Musda digelar sejalan dengan berakhirnya masa kepengurusan periode 2015-2018 yang masih dipimpin John Nedy Kambang, koresponden CCN Indonesia di Padang. Menurutnya, pelaksanaan musda diawali dengan seminar tentang Hoax. Seminar ini menghadirkan Ketua Umum IJTI Pusat Yadi Hendriana, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, anggota Dewan Pers Imam Wahyudi dan Kepala Biro Multimedia Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto. 

”Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan literasi jurnalis dalam mengenali berita hoax, apalagi saat ini sedang berlangsung sejumlah rangkaian pilkada serentak 2018,” jelas Andri. 

Kampanye politik rentan terhadap informasi dan berita hoax, ulas Andri, berpotensi dipublikasikan melalui media sosial (medsos). ”Untuk itu, kami berharap gelaran acara ini bisa meningkatkan kemampuan para jurnalis untuk memahami lebih jauh berita-berita bohong tersebut,” jelas Kontributor RtV Sumbar itu.

Di sisi lain, salah seorang kandidat yang juga ketua demisioner IJTI Sumbar, John Nedy Kambang membenarkan dirinya kembali ikut berkompetisi memrebutkan posisi ketua IJTI Sumbar. 

”Saya memang berencana maju menjadi calon Ketua Pengda IJTI Sumbar kembali. Dan semua kalangan jurnalis televisi di daerah ini mendukung saya maju. Sebab, salah satu tujuan saya maju tidak lain untuk tetap mempererat silaturahmi, serta memperkuat persatuan sesama jurnalis televisi di Sumbar ini, ” kata John saat dihubungi.

Menurutnya, semua jurnalis TV dari berbagai media massa di Sumbar ini bisa lebih kompak dan memiliki persepsi sama, baik soal pemberitaan maupun kemajuan IJTI Sumbar. ”Semua harus  mengingatkan satu sama lain. Terutama harus kompak,” kata John. 
 
Top