PADANG - Kelurahan Purus Kecamatan Padang menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan tahun 2020 di Hotel Mercure, Rabu (30/1).

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas antara Pemko Padang, pihak kelurahan dan warga Purus. Sehingga pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Purus semakin baik di tahun 2020.

'’Alhamdulillah, sampai saat ini sinergisitas di Kelurahan Purus masih terjalin dengan baik. Kami berharap melalui rapat koordinasi kali ini, sinergi itu dapat ditingkatkan. Karena sinergi kunci utama dalam mengawal pembangunan dan pemberdayaan yang akan kita laksanakan, ’’ ujar Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya, S.STP

Berkaca pada tahun 2018, kata Fajri, banyak kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang telah sukses dilaksanakan di Kelurahan Purus. Seperti program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan membangun riol dan jalan, bantuan bedah rumah tidak layak huni  sebanyak 80 unit, pembangunan drainase dan jalan, pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) serta pengerukan bandar prokasi yang dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V. Sedangkan kegiatan pemberdayaan seperti pembinaan dan pelatihan menjahit.

 ’’Kegiatan fisik dan pemberdayaan itu bisa terlaksana berkat bantuan dan dukungan sejumlah pihak. Seperti melalui dana aspirasi anggota DPRD Padang, bantuan salah satu bank BUMN. Kemudian, dalam pelaksanaannya, juga didukung tokoh-tokoh masyarakat purus  dan masyarakat Purus sendiri, ’’ jelasnya.

 Melalui rapat koordinasi ini, Fajri berharap berbagai kegiatan fisik maupun pemberdayaan masyarakat yang belum tertampung pada tahun 2018 dan 2019, dapat dilaksanakan di tahun 2020. Seperti pembangunan beberapa jembatan kecil di sepanjang bandar prokasih, serta pemasangan lampu PJU maupun pengaspalan jalan dan riol yang belum dilaksanakan tahun 2018 dan 2019.

 ’’ Kami yakin, melalui rapat koordinasi ini berbagai usulan dari warga dan pihak kelurahan dapat tertampung pada kegiatan di tahun 2020, ’’ ujar  Fajri dalam rapat koordinasi yang dihadiri sejumlah pihak seperti perwakilan Camat Padang Barat, Imelda Novelin, anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat, Anggota DPRD Kota padang Junaidi, Ketua LPM Purus, Yeswer, perwakilan dari Dinas PUPR Padang dan DPRKPP Padang, tokoh-tokoh masyarakat Purus, serta Ketua RT/RW dan berbagai unsur masyarakat se lingkungan Purus.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan Camat Padang Barat, Imelda Novelin mengapresiasi berbagai pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan di Purus hingga saat ini. Dia berharap, melalui rapat koordinasi ini berbagai usulan yang dinilai urgen dapat diprioritaskan untuk dibahas dalam rapat koordinasi pembangunan tingkat kecamatan yang akan digelar pada 11 Februari mendatang.

’’Kami melihat sinergisitas di kelurahan Purus sangat baik. Kemudian, semangat yang ditunjukkan lurah, ketua LPM, tokoh-tokoh masyarakat dan warga purus sendiri dalam membangun Purus juga patut kami apresiasi, ’’ jelasnya.

Disisi lain, Imelda Novelin juga memuji kerja keras Lurah Purus yang mampu mengadakan rapat tingkat kelurahan untuk pertamakalinya dilakukan di hotel. Ia menilai, kerjasama antara lurah dengan pengusaha hotel yang ada di dikelurahan tersebut sangat bagus.(hms)
 
Top