Program smart city terintegrasi dengan tata kelola pemerintahan sehari-sehari.

"Sudah mulai jalan, tetapi hari ini jalannya masih bersama-sama. Kami sampaikan ke OPD semuanya, ibarat kita itu suatu tim. jadi tidak ada satu OPD pun yang merasa super di situ. Mereka akan bisa sukses karena integrasi dengan tim lain. Semua pelayanan publik sudah kami lakukan, jadi semua arahan sudah kami sampaikan"

Bidang yang akan menjadi prioritas dalam pengembangkan smart city ke depan. Selaku pengambil keputusan tentunya harus berdasarkan informasi. Informasi yang valid, yang diperoleh dari data yang valid, bukan informasi yang berdasarkan isu, informasi yang berdasarkan analisa.

Sekretaris DPRD Kota Padang menjelaskan Pemko Padang akan menganalisa informasi itu dalam bentuk data, kita terapkan, seluruh data yang selanjutnya akan menjadi infomasi, dan informasi yang itu akan menjadi pijakan kita dalam mengambil keputusan, akan kita lihat
semua."

Program yang sudah dan akan dikembangkan untuk mewujudkan smart city, nanti akan ada basis data di Dispendukcapil. Dispendukcapil itu nanti, merupakan data awal semuanya.

Seluruh data penduduk Kota Padang akan masuk di situ. Di situ ada data tentang kependudukan tentang kelahiran tentang kematian, dan data agregat, peristiwa), seluruhnya akan menginduk di situ.

Kemudian yang lainnya, Dinas Sosial. data kemiskinan di Kota Padang harus riil. Kita sudah cluster kemiskinan itu, arahan untuk meng-cluster itu sudah ada. Misalkan kaitan pendataan anak yatim, ada berapa di tiap desa, di tiap kecamatan, se Kota Padang totalnya ada berapa.

Berdasarkan data itu tadi, akan menjadi dasar kita mengambil keputusan. Sikap kita untuk mengatasi anak yatim ini seperti apa? Data anak yatim nanti akan muncul, misalnya jumlah anak yatim umur yang masih balita berapa, di atasnya balita berapa, sampai anak yatim SMA berapa dan itu masuk wilayah dinas sosial.

Verifikasi dan validasi sudah kita lakukan, memang kami tidak ekspose karena biar mereka konsentrasi bekerja dulu. Data kemiskinan itu dan data yang lainnya, harus by name by addres semuanya, artinya kemungkinan kita
ada program pengentasan kemiskinan kita tidak salah sasaran.

Dan kita menentukan skala prioritas itu berdasarkan data juga. Mana yang harus didahulukan dan mana yang harus ditunda.

Selain kemiskinan, juga ada masalah pengangguran. Kita minta data jumlah pengangguran yang baru, pengangguran yang sudah lama, clusternya macam-macam.

Ini dasar. Isu kemiskinnan dan pengangguran merupakan isu yang secepatnya harus diselesaikan.

Kendala utama untuk menjalankan konsep smart city ? "Jadi begini, IT itu alat, kita sangat sepaham ada SPBE, akan kita terapkan itu. Karena apa, IT harus sesuai kebutuhan. Artinya SDM kita persiapkan semuanya, kebutuhan akan IT itu harus jelas, ini sudah butuh IT atau belum. Nanti sesuatu yang sebenarnya tidak perlu IT semuanya dilakukan pakai IT, papar Sekretaris DPRD.
 
Top