PADANG - Insumatra Photo Festival 2019 menjadi festival fotografi dokumenter pertama di Indonesia yang dilaksanakan di Kota Padang. Festival yang digelar tanggal 2-9 Maret 2019 tersebut dibuka secara  resmi oleh  Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Didi Aryadi mewakili Wali Kota Padang di kawasan Kelenteng Kota Tua, Sabtu malam (2/3/2019).

"Fotografi adalah salah satu industri kreatif. Kedepannya fotografi dapat menjadi bagian menyambut revolusi industri 4.0 yang kaya akan industri kreatif. Kegiatan fotografi berdampak sangat besar, karena satu gambar memiliki sejuta makna. Melalui sebuah foto, orang dapat mengingat setiap kejadian dan memahami arti pentingnya sebuah foto. Oleh sebab itu, foto adalah suatu pengingat momen untuk diabadikan", tutur Didi.

Pada penyelenggaraan yang pertama, Insumatra Photo Festival 2019 mengangkat tema "Sekitar Kita". Tema ini dihadirkan untuk mengeksplorasi berbagai karya yang merekam interaksi manusia dengan lingkungan di sekitar mereka hingga bagaimana lingkungan mengubah perilaku manusia.

Festival ini mengundang para fotografer untuk turut membagikan cerita yang lahir dari lingkungan terdekat di mana fotografer berada. (Z)
 
Top