PADANG – Wali Kota Padang Mahyeldi menyerahkan Piagam Penghargaan Tenaga Pengelola Kearsipan Terbaik kepada tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Padang pada Rapat Staf jajaran pimpinan SKPD di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Senin (21/01/2019). Terbaik I diraih Inspektorat, Terbaik II Badan Pengelola Keuangan dan Aset dan Terbaik III Kecamatan Kuranji.

Dikesempatan itu, Mahyeldi menjelaskan, kearsipan memiliki peran penting dalam menjalankan roda organisasi. Arsip merupakan sumber informasi dan bukti dari transaksi. Dan dalam tata kelola pemerintahan, kearsipan merupakan bagian dari manajemen perkantoran.

“Arsip adalah nyawa organisasi. Pengelolaan arsip yang baik menunjukkan sistem organisasi berjalan dengan baik pula”, ujar Mahyeldi.

Ia menambahkan, mengingat pentingnya kearsipan, tata kelola kearsipan pemerintah diatur Undang-Undang, dan Pemkot Padang juga memiliki Peraturan Walikota tentang pengelolaan arsip. “Arsip atau dokumen harus tersedia dan mudah didapatkan kalau sedang dibutuhkan. Seandainya tidak dibutuhkan lagi, harus segera dimusnahkan”, tutur Mahyeldi.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Muji Susilawati,  mengatakan, untuk peningkataan kinerja tenaga pengelola kearsipan SKPD di lingkungan Pemkot Padang perlu dilakukan penilaian atau evaluasi sampai tingkat kecamatan. Adapun kriteria penilaian meliputi materi registrasi sampai pada proses pelaksanaan tenaga pengelola kearsipan, sarana dan prasarana dalam pengelolaan arsip.

“Selama ini kearsipan hanya dipandang sebelah mata, padahal kearsipan merupakan dokumen penting perjalanan kegiatan di suatu organisasi”, ujar Muji. (Zal)
 
Top