Padang - Harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tradisional dan modern di Kota Padang, Sumatera Barat  semakin melambung. Meningkatnya harga sembako ini selalu terjadi menjelang masuknya bulan Ramadan.

Beberapa sembako yang harganya melonjak yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, ayam potong, dan telur ayam.

"Kenaikan harga ini karena menyambut ramadan, jadi warga  Kota Padang harus mengencangkan ikat pinggang karena bersamaan dengan tahun ajaran baru. "Harus dipenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu, jika ada sisa belanjaan maka bisa dibelikan ke kue ringan dan buah-buahan", jelas Erni warga Durian Taruang Kuranji.

Harga ayam saat ini melonjak dari Rp 30.000 per Kg menjadi Rp 38.000 per Kg. Untuk telur ayam naik dari Rp 19.000 per Kg menjadi Rp 22.000 per Kg.

Cabai rawit dan cabai keriting juga melonjak naik di harga Rp 35.000 per Kg dari harga awal Rp 28.000 per Kg.

Cabe keriting merah hari ini naik seharga Rp 24 ribu, sebelumnya cabe keriting merah ini Rp 18-20 ribu, per Kg," kata pedagang H Bujang, Cabe Giling Asli, Pasar Inpres I Petak 0-II Pasar Raya Padang.

Ia mengatakan, cabai merah mulai naik pada Senin (25/3/2019) lalu, sedangkan cabai hijau masih bertahan pada harga Rp 25 ribu per Kg.

Yang melonjak drastis yaitu harga bawang merah dan bawang putih, seharga Rp 50.000  per Kg. Padahal sebelumnya harga bawang merah di pasar Palembang, berada di kisaran Rp 30.000 hingga Rp 38.000 per Kg.

"Yang stabil saat ini hanya harga daging sapi sebesar Rp 120.000 per Kg," ungkapnya.

Untuk menekan melonjaknya harga sembako, Dinas Perdagangan Padang belum menggelar operasi pasar, dengan menyediakan harga murah. Seperti bawang butih yang dijual dengan harga Rp 50.000 per Kg.

Operasi pasar ini cukup membantu menekan harga sembako selama tiga hari terakhir. Namun karena pasokan bawang terbatas dan permintaan tinggi, harganya pun kembali meningkat.

Meroketnya harga cabai merah dan bawang merah, karena stoknya mengalami kekurangan.

Sejauh ini lanjutnya, harga beras masih stabil dan belum terjadi kenaikan hingga siang ini.

Minyak goreng curah stabil Rp 9.500 satu kilo. Sedangkan, telur puyuh satu papan atau satu paket 28 ribu," ujarnya.

Ia mengatakan, harga pada telur bebek Rp 25 ribu dalam sepuluh biji. Telur bebek turun, dan satu paketnya 65 ribu.

"Daging sapi Rp 120 per Kg dan harga daging sapi biasanya naik pada waktu mendekati lebaran, misalnya tiga hari sebelum lebaran," kata Ujang, Pedagang Daging di Pasar Raya Blok Empat, Lantai Dua Los Daging.

Ia mengatakan, pengunjung sepi saat ini relatif sepi serta sedikit yang berjual beli.

Terungkap, katanya penyebab sepinya transaksi jual beli di pasar daging karena adanya buka los daging selain di Pasar Raya, Padagn.

"Harga ayam Rp 21ribu per kg sedangkan, harganya stabil," kata Wen, Pedagang Ayam di Blok I, lantai dua Pasar Raya Padang.
 
Top