PADANG - Sebanyak 66 orang anggota Linmas di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan menerima arahan terkait pengamanan TPS Pemilu 2019 dari Lurah Rawang Andi Amir di Aula Kantor LPM Kelurahan Rawang, Selasa (16/4/2019).

 Dalam kesempatan itu, Andi mengarahkan beberapa hal terutama Linmas diminta turut mengawasi kotak suara selain menjaga pintu TPS. Sebagaimana katanya, ada 33 TPS di wilayah Kelurahan Rawang. Sementara anggota Linmas yang dilibatkan dalam pengamanan sebanyak 66 orang.

"Nantinya, anggota Linmas akan bertugas sebagai pengamanan di masing-masing TPS pada Rabu 17 April 2019. Kami berharap, mereka dapat dengan baik membantu KPPS dalam pengawasan kotak surat suara hingga penghitungan surat suara," ujarnya

Andi menerangkan, pada hari pencoblosan, Linmas akan dibagi menjadi dua pengawalan yakni di pintu masuk dan keluar.
Setelah pencoblosan, mereka mengawasi penghitungan suara hingga selesai. "Saya yakin semua Linmas akan bekerja dengan baik dan benar sesuai aturan," tuturnya.

Sementara Kapolsek Padang Selatan, diwakili Kanit Bimas Iptu. Amri hadir dikesempatan itu mengatakan, Linmas bertugas mengamankan dengan sasaran yaitu orang, barang, dan kegiatan Pemilu 2019.

Diterangkannya, anggota Linmas, yang dulu terkenal dengan sebutan Hansip, tentunya memegang peranan penting dalam mengamankan TPS. Sebab hanya anggota Linmaslah yang boleh berada di dalam area pemungutan suara tersebut.

"Sesuai ketentuan, personel polisi dan TNI tidak diperkenankan berada di dalam TPS. Linmas lah yang kemudian diharapkan bisa menjaga keamanan TPS, ujarnya.(Rel/AA)
 
Top